Pelajaran Hidup Dari Game Harvest Moon


Harvest Moon, siapa yang tak mengenal game keluaran NATSUME ini ,dulu sewaktu saya mengenal game ini pun saya menghabiskan banyak waktu berjam-jam demi untuk bermain game ini..hehe,
game yang menceritakan tentang kehidupan seorang petani sederhana, game ini mengharuskan si pemain mengurus ladang dan peternakan,bersosialisasi dengan warga sekitar bahkan mencari pendamping hidup semua ada di game ini. Salah satu serial Harvest Moon yang paling terkenal adalah Harvest Moon Back To Nature di konsol PS1, dalam game ini kita diharuskan menghidupkan kembali ladang yang telah ditinggalkan oleh sang kakek dalam waktu yang telah ditentukan .



Selain asyik dan seru untuk dimainkan ternyata tanpa saya sadari banyak sekali pelajaran-pelajaran berharga yang bisa kita petik dari game Harvest Moon ini antara lain :

Manusia itu perlu bersosial
Yaa manusia adalah makhluk sosial, dalam hidup ini kita pasti memerlukan bantuan dari orang lain untuk kelangsungan hidup kita, misalnya dalam game ini setelah kita memanen hasil kebun kita, kita perlu peran orang lain untuk membeli hasil panen kita begitu pula sebaliknya kita membeli bibit2 untuk berkebun memerlukan peran penjual bibit kan, jadi game ini mengajarkan bahwa kita manusia itu adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain jadi kita tidak mungkin bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.


Disiplin
Disiplin adalah kunci utama  dari sebuah kesuksesan, gak mungkin kan orang yang kerjanya males2an tiba2
bisa sukses, gak mungkin kan seorang siswa yang gak pernah belajar mendapat rangking satu dikelas.Nah di game ini kita diajarkan untuk bisa disiplin dalam mengurus ladang dan peternakan kalau kita malas menurusnya maka kita akan gagal panen dann hewan2 peternakan pun bisa sakit bahkan mati dan otomatis penghasilan kita pun menurun drastis bahkan kita bisa rugi besar gara-gara tidak DISIPLIN!!!










Hidup harus punya tujuan yang JELAS!
Di awal permainan Harvest Moon kita diberi tugas untuk bisa mensukseskan ladang kita dalam tempo waktu 3 tahun kalau kita berhasil kita akan diakui oleh warga sekitar dan menjadi pemilik resmi ladang tersebut sebaliknya jika kita gagal kita akan di usir dari kampung. Nah begitula di kehidupan nyata kita harus punya target dan tujuan yang jelas tentang apa yang ingin kita capai di hidup ini.

“If You can Dream It You Can Do It!”

Hardwork and Never Give Up!!
Kerja keras dan pantang menyerah adalah harga mati jika ingin meraih kesuksesan. Untuk sukses di Harvest Moon, saya sendiri harus bekerja keras dalam game ini selama kira2 2 tahunan(waktu dalam game) lah untuk bisa meng-upgrade rumah,membesarkan kuda,meng-upgrade kandang ternak dll... Begitu pula di dunia nyata seperti kata Thomas Alfa Edison “sukses adalah 1% inspirasi dan 99% usaha, yahh saya sangat setuju bahwa yang terpenting adalah usaha/kerja keras kita akan sangat menentukan kesuksesan kita.

Bersyukur
Nah ini nihh yang paling penting menurut saya , dalam hidup kita seringkali kurang bersyukur tentang apa yang kita miliki contohnya kita sering mengeluh tentang pekerjaan kita yang akhirnya malah membuat kita merasa pekerjaan kita hanya menjadi beban buat kita, tetapi tidak di game
Harvest Moon pekerjaan sekecil apapun tetap dikerjakan dengan baik dan semaksimal mungin dengan penuh semangat dan keceriaan.



Sebenarnyaa masih sangat banyak lagi pelajaran-pelajaran hidup yang bisa kita dapat dari game Harvest Moon ini tapi berhubung saya males ngetiknya jadi sekian dulu..
Byeee,,
bagi yang mw download  rom harvest moon BTN bisa download sendiri di sini (psx)
dan ini buat yang seri nds di sini 


Share on Google Plus

About Alvin Adji

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar