Sedikit Tentang LISP dan fungsinya

Kebetulan saya adalah Mahasiswa TI di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
dan kali ini saya pengen ngebahas dikit tentang LISP dan beberapa fungsi2nya

langsung aja tanpa basa-basi,

LISP merupakan singkatan dari List Processor, merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dimasanya dan salah satu bahasa pemrograman yang tertua. diciptakan oleh John McCharty pada 1958 ketika ia berada di Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

sebenarnya ada banyak program yang digunakan untuk menjalankan bahasa LISP berhubung saya menggunakan GNU CLISP maka saya akan membahas tentang CLISP saja.

dalam CLISP eksekusi sebuah ekspresi dilakukan secara PREFIKS, yaitu dengan mendahulukan operatornya terlebih dahulu.. contoh : ( + 7 3) jika di jalankan maka akan menghasilkan output 10

Berikut adalah beberapa fungsi dalam CLISP yang saya ketahui :


Ekspresi Aritmatika : + , - , * (perkalian), / , > , >= , < , <= , =..

  • setq ,digunakan untuk memberikan nilai ke sebuah variabel , contoh : (setq x 5) --> x=5


Predikat

  • Atom , untuk mencari tahu apakah inputan hanya terdiri dari 1 elemen saja bisa merupakan angka,karakter/string yang diawali dengan ' (quote). contoh : (atom 7) outputnya T, (atom 'c) outputnya T, (atom 2w) outputnya "variable |2w| has no value"
  • LIST, lebih dari 1 elemen / untuk menentukan apakah inputan merupakan sebuah list. contoh : (listp 4) outputnya NIL, (listp '(234)) outputnya T.
Fungsi Matematika

  • sqrt , untuk mencari akar suatu inputan. contoh (sqrt 9) outputnya 3
  • expt , untuk memangkatkan suatu inputan. contoh (expt 5 3) artinya 5 pangkat 3 maka outputnya 125
  • max , mencari nilai maksimum.
  • min , mencari nilai minimum.
sebenarnya masih banyak lagi fungsi2 dari CLISP tapi berhubung saya sudah capek jadi sekian duluuuu..

see you next time..



Share on Google Plus

About Alvin Adji

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Terima kasih kak,artikelnya sangat bagus dan menarik sekali untuk menambah informasi,dan informasinya sangat bermanfaat.
    Perkenalkan saya Andini Indria Vinasty dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus